Ramadhan nan Suci

“Ramadhan”

Setelah kita mendengar kata yang tentunya sudah familiar ini, kira-kira hal apa saja ya yang bisa terbayang di pikiran kita ???  lemas, haus, atau lapar mungkin ??

eits.. jangan salah dulu karena sebenarnya banyak sekali hal-hal baik yang terdapat di dalam Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci karena bulan ini merupakan bulan di mana orang islam menjalankan rukun islam yang ke-4 yaitu ibadah puasa. dalam berpuasa, manusia diuji untuk menahan segala godaan yang datang dari luar. Kita juga harus mampu untuk menahan bibir, mata, sampai perilaku agar terhindar dari hal-hal yang maksiat. ingat.. meskipun kita berpuasa, kita tetap tidak boleh bermalas-malasan. Alangkah baiknya jika waktu untuk bermalas-malasan itu kita gunakan untuk beribadah sambil menunggu waktu berbuka karena ibadah di bulan ramadhan, pahalanya bisa berlipat-lipat ganda dari bulan-bulan biasa. Misalnya saja kita bisa melakukan tadarus di rumah dengan keluarga.

Keistimewaan lain dari Bulan Ramadan adalah karena di Bulan Ramadhan inilah Al-Qur’an turun pertama kali atau yang dikenal dengan Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an itu diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di goa hira pada tanggal 17 Ramadhan. Surat pertama yang diterima Nabi Muhammad adalah Surat Al-‘Alaq ayat 1-5 yang memerintahkan manusia untuk membaca atau belajar. Surat tersebut adalah sebagai berikut :


Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Selain itu, di Bulan Ramadhan ini juga terdapat sebuah malam yang sangat istimewa yaitu malam Lailatul Qadaratau malam yang lebih mulia dari  1000 bulan. Pada malam itu para malaikat diturunkan ke bumi untuk melihat dan mencatat amal ibadah yang sedang kita kerjakan pada malam itu. dan pada malam itu juga langit menjadi bersih, tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.

Alangkah bangga dan beruntungnya kita jika dapat mengerjakan amal ibadah pada malam itu.

Tapi ingat.. dalam melakukan segala ibadah, kita harus melandasinya dengan niat yang ikhlas dan semata-mata untuk mencari ridha Allah bukannya dilandasi dengan riya’ yang hanya bertujuan untuk dipuji seseorang.

Iklan

3 Tanggapan to “Ramadhan nan Suci”

  1. Assalamualaikum…
    aku minta maaf ya klo punya salah sama km Dre… baek dalam bentuk ucapan, postingan, ato koment yang kurang berkenan…
    Minal Aidzin Wal Faidzin…
    smoga Lebarannya menyenangkan…

    >> sama-sama ya aku juga minta maaf kalo aku punya salah….

  2. agunk agriza Says:

    ah.. pgen komen ke postingan yg atas ga bisa masuk,.
    soalnya ada kata2 dewasanya.. jadi di blok 😦

    Oh… gitu… ya gak papa lah…

  3. Jadi, rindu bulan ramadhan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: